Help you calculate Your Motor Fact

Thursday, December 15, 2016

Jalur Lintas Selatan, Surga Baru Biker Jatim


Ada kabar gembira buat biker-biker yang berdomisili di daerah Jawa Timur, mega proyek Jalur Lintas Selatan (JLS) sudah mulai menampakkan hasil, meskipun belum selesai 100% di seluruh lokasi yang ditargetkan. Penulis sendiri baru saja mencicipi JLS di wilayah Jember, dan ternyata luarr biasa brooo, kualitas aspalnya mantap, cukup lebar dan kebanyakan memiliki layout lurus dengan pandangan bebas tanpa halangan. Joss dipake riding pastinya bro!


JLS sendiri nantinya akan menghubungkan 8 kabupaten di wilayah selatan Jatim, mulai dari Banyuwangi, Jember, Lumajang, Malang, Blitar, Trenggalek hingga Pacitan. Total jalur ini akan memiliki panjang kurang lebih 674 km dari ujung ke ujung. Proyek yang sudah memakan dana sekitar 2,5 trilyun ini sudah dimulai sejak tahun 2002 dan saat ini sudah hampir memasuki fase-fase akhir penyambungan tiap-tiap kabupaten. Banyak kendala yang dihadapi dalam proses pengerjaan proyek ini, mulai dari keberatan warga saat pembebasan lahan hingga dana yang tidak kunjung turun. Namun semua kesulitan tersebut seakan terbayar lunas saat melihat hasil akhir proyek tersebut. Diharapkan JLS dapat meningkatkan kualitas perekonomian rakyat di wilayah selatan jawa timur.


Selain tujuan utama pembangunan jalur baru tersebut, efek samping mulai kelarnya JLS ini, adalah munculnya jalur alternatif bagi penghobi turing. Salah satu contoh adalah JLS di wilayah Pacitan yang sudah menjadi buah bibir di kalangan biker dikarenakan indahnya pemandangan sepanjang jalur tersebut. Bahkan banyak yang mengatakan bahwa keindahan JLS Pacitan bisa disetarakan dengan jalur Pulau Lombok yang melegenda. Begitupun JLS di wilayah Malang yang sekarang mulai jadi primadona para biker yang melakukan turing menuju pantai-pantai selatan daerah Malang seperti pantai Balekambang atau Sendang Biru.


Last, mari kita doakan bersama supaya proses penyelesaian JLS ini tidak mengalami kendala berarti. Penulis yang baru mencicipi jalur JLS sepanjang 6,5 km ini saja merasa takjub dengan kualitas jalan baru ini, bayangkan bila kita akhirnya bisa bablas menempuh 674 km full turing melewati berbagai kabupaten dengan pemandangan yang luar biasa cantik sepanjang pantai selatan Jawa Timur, dijamin mantab dan maknyoss bro!!

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More