Help you calculate Your Motor Fact

Sunday, December 18, 2016

Layout Baru Sirkuit Catalunya MotoGP 2017


Setelah perubahan mendadak pada layout sirkuit Catalunya pada musim 2016 lalu yang disebabkan oleh kecelakaan tragis Luis Salom pada sesi latihan bebas Moto2, akhirnya FIM memutuskan untuk melakukan perubahan layout lintasan yang bersifat permanen demi meningkatkan keamanan sirkuit yang terletak di Barcelona ini. Seperti kita ketahui bro, persoalan safety adalah persoalan yang sangat serius dalam ajang sekelas MotoGP, sehingga terjadinya peristiwa seperti kecelakaan Luis Salom tidak akan ditolerir. Seperti apa sih perubahan lintasan yang telah menyelenggarakan ajang balap MotoGP sejak tahun 1992 ini? yuk kita tengok bareng-bareng bro..

Pada dasarnya sirkuit Catalunya memiliki 2 lintasan berbeda, yang mana satu untuk menyelenggarakan balap Formula 1, dan yang satu lagi adalah untuk menyelenggarakan ajang MotoGP. Sebelum tragedi Salom, beberapa pembalap pernah mengeluhkan minimnya ruang runout di tikungan ke-13 dan langsung dihadapkan pada pagar pembatas lintasan. Menanggapi keluhan itu, pihak penyelenggara berinisiatif untuk menambah tumpukan ban pengaman pada titik tersebut. Namun kecelakaan yang terjadi pada Salom membuktikan bahwa tumpukan ban tidak cukup efektif untuk meredam energi tumbukan yang ditimbulkan oleh motor-motor bertenaga brutal ini saat pembalap melakukan kesalahan dan terlempar keluar jalur lintasan.


Seperti kita lihat pada denah di atas, perubahan lintasan untuk ajang motoGP difokuskan pada sekitar tikungan ke-10 dan tikungan ke-13. Tikungan ke-10 pada lintasan baru ini akan mengikuti bentuk tikungan untuk balap mobil Formula 1. Tikungan ini sendiri dirasakan perlu dirubah karena pada bentuk awal, tidak ada ruang bagi jebakan pasir yang cukup untuk mengurangi kecepatan motor sebelum menghantam tembok pembatas. Tikungan ke-13 juga dirubah mengikuti bentuk lintasan F1 sehingga tercipta sedikit ruang tambahan untuk memperlebar jebakan pasir sebelum tembok pembatas dan kemudian diikuti dengan chicane tikungan ke-14 dan tikungan ke-15 yang sedikit berbeda dengan lintasan F1. Dengan bentuk lintasan baru ini, panjang sirkuit akan berkurang menjadi 4,652 km dari panjang lintasan sebelumnya yang mencapai 4,7 km. 

Kepekaan pihak penyelenggara terhadap unsur safety pembalap memang patut diacungi jempol bro, gak main-main. Semoga usaha keras yang dilakukan oleh FIM dan Dorna dapat mencegah terjadinya resiko terburuk yang akan dihadapi para pembalap nantinya. Dengan balapan yang lebih aman, para pembalap juga tentunya akan lebih mantap dalam memaksimalkan pacuan dan mengeluarkan kemampuan terbaiknya, makin mantep jadinya kan bro?..

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More