Help you calculate Your Motor Fact

Thursday, December 29, 2016

World Superbike, the Real Motorcycle Race!


Yup sesuai judul, kali ini kita coba berkenalan dengan ajang balap yang tidak kalah gahar dari MotoGP, yaitu World Superbike atau sering juga disingkat WSBK. Nah kalo ajang MotoGP di dunia balap itu bisa kita katakan balap motor impian, maka WSBK inilah balap motor yang nyata. Lah kok bisa gitu bro? jadi gini bro, ajang balap MotoGP, semua aspek dalam balap motor tersebut bisa dikatakan ajang pamer teknologi, dan seringkali tidak akan kita temui dalam motor yang beredar di jalanan sehari-hari (atau setidaknya belum kita temui). Sedangkan ajang WSBK, murni menggunakan motor produksi jalanan yang dimodifikasi untuk keperluan race. Jadi dalam ajang WSBK ini, kita akan menemui motor-motor jalanan seperti CBR 1000, R1, ZX10, atau 1199 Panigale, tentunya vesi race yang kencengnya gak beda jauh dari monster-monster MotoGP.


Ada beberapa perbedaan penting antara ajang MotoGP dan WSBK ini bro, antara lain jumlah race yang dilaksanakan. Pada ajang MotoGP, tiap sirkuit hanya menggelar satu kali race yang dilaksanakan saat akhir pekan. Sedangkan pada WSBK, dalam tiap seri sirkuit digelar dua kali race yakni pada hari sabtu (race 1) dan hari minggu (race 2), posisi grid start pada race 1 akan ditentukan melalui sesi kualifikasi, sedangkan race 2 akan ditentukan melalui posisi finish pada race 1. Jadi jumlah race dalam ajang WSBK jauh lebih banyak dibandingkan jumlah race pada MotoGP.

Perbedaan berikutnya adalah pabrikan yang berlaga, dibandingkan MotoGP yang hanya diikuti oleh 6 tim pabrikan (Honda, Yamaha, Suzuki, Ducati, Aprilia dan KTM), ajang WSBK diikuti oleh 7 tim pabrikan (Kawasaki, Honda, Yamaha, Ducati, Aprilia, BMW dan Mv Agusta ).  Kawasaki yang memilih absen dari ajang MotoGP adalah penguasa di WSBK dengan motor gacoan mereka ZX-10R, jadi buat pecinta geng ijo, disinilah ajang kalian bro.


Nah segitu dulu sesi pengenalan kita terhadap ajang WSBK ini, berikutnya nanti kita bahas lebih dalam segi teknis peserta maupun motor-motor jagoan tiap pabrikan di ajang yang satu ini. Percaya dah bro, kalo dari segi keseruan, balap motor jalanan ini tidak kalah seru dibandingkan persaingan di arena MotoGP. Dari segi kemampuan motor pun motor-motor WSBK semakin mendekati kemampuan motor MotoGP. Bahkan dalam sesi preseason di sirkuit Jerez kemarin, motor Kawasaki yang dikendarai oleh Jonathan Rea berhasil mematahkan catatan waktu Valentino Rossi di sirkuit yang sama pada musim 2016. Mantep kan bro?    

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More