Help you calculate Your Motor Fact

Wednesday, June 14, 2017

All About Motorcycle Diecast


Hallo brader motomath! Kali ini kita akan membahas motor model miniatur. Hampir semua penggemar motor, pasti mengenal benda yang satu ini, atau bahkan mengumpulkannya sebagai koleksi. Miniatur motor ini hadir dalam berbagai bahan dan skala ukuran perbandingan dengan motor aslinya, yang paling umum seperti skala 1:12, 1:18 dan 1:24 atau yang khusus seperti 1:9 dan 1:10. Beragam merk miniatur beredar di pasaran, yang tentunya memiliki nilai plus dan minus masing-masing. Coba kita bahas lebih lanjut yuk mengenai plus minus masing-masing merk.

Tamiya, dikenal memiliki detail yang "mengerikan"
Merk pertama yang tidak asing bagi para penggemar miniatur model, apalagi kalau bukan Tamiya. Pabrikan mainan asal jepang ini terkenal memiliki detail yang tidak main-main. Bahkan bagian-bagian terkecil dari motor seperti tutup bak oli dibuat detail seperti aslinya. Tamiya mengeluarkan miniatur motor dengan skala 1:12 dari beragam pabrikan motor dan replika motor-motor balap dari ajang bergengsi seperti Moto GP, WSBK dan MXGP. Kekurangannya, karena dibuat dalam bentuk model kit, miniatur motor yang kita beli masih berupa potongan-potongan part tanpa warna yang harus kita rakit terlebih dahulu. Untuk mendapatkan tampilan yang sama dengan motor aslinya, kita bahkan harus mendempul dan mengecat sendiri plastik model tersebut. Bagi yang tidak mau repot, Tamiya juga mengeluarkan model versi “Masterwork” dalam bentuk yang sudah utuh dan sudah diwarnai, namun tentu saja dengan harga yang bisa dibilang “gila” dan juga tidak semua model motor  tersedia dalam bentuk ini. Harga model kit Tamiya di pasaran berkisar antara 300 ribu hingga 1,5 juta tergantung dari kelangkaan jenis motornya.

Diecast Minichamps sebagian besar terbuat dari bahan logam
Merk berikutnya yang tidak kalah populer adalah Minichamps, produk miniatur produksi perusahaan asal Jerman ini terkenal memiliki detail yang sangat bagus. Terbuat dari bahan dominan logam, sehingga memiliki bobot cukup berat dan kokoh. Detail part per part sangat tajam, bahkan hingga kabel rem pun ada. Ditambah dengan fitur shock depan dan shock belakang yang fungsional, benar-benar menjadikan produk diecast ini semirip motor aslinya. Kekurangannya hanya satu, yaitu harganya yang sangat mahal, di pasaran Indonesia saat ini miniatur Minichamps dihargai diatas 1 juta rupiah untuk jenis replika motor yang tidak terlalu langka. Sedangkan untuk tipe motor-motor langka, bisa berharga diatas 3 juta rupiah. Buat brader-brader yang serius ingin jadi kolektor diecast, Minichamps bisa jadi pilihan wajib tuh.

RC211V milik Daijiro Kato versi IXO
Selain merk diatas, ada juga merk IXO yang cukup terkenal. IXO diproduksi oleh perusahaan asal spanyol. Miniatur buatan IXO memiliki fitur seimbang antara kualitas dan harga. Kualitasnya terletak selevel dibawah Minichamps, dengan fitur shock belakang aktif, kabel-kabel motor, namun bahan logam yang lebih sedikit dibandingkan Minichamps. Harga produk yang satu ini di Indonesia berada di kisaran 500 ribu hingga 800 ribu rupiah. Satu-satunya kelemahan IXO, adalah perusahaan ini tidak lagi mengeluarkanproduk baru sejak tahun 2006. Jadi jangan harap brader bisa menemukan miniatur IXO untuk motor Marc Marquez misalnya.

Newray, murah meriah untuk penghobi pemula atau custom
Nah merk yang berikutnya, adalah yang paling banyak kita temui di pasaran lokal, yaitu New Ray. Produk yang berasal dari negara Hongkong ini, bisa dibilang adalah miniatur wajib bagi penghobi pemula. Bukan apa-apa, selain mudah didapat dan harganya relatif murah, New Ray juga memiliki variasi produk yang sangat luas. Hampir semua motor dari berbagai merk tersedia dalam katalog New Ray. Mulai dari motor Moto GP, Superbike, hingga motor jalanan seperti Harley Davidson bisa dengan mudah kita temui di toko-toko mainan tanah air. Harga produk yang satu ini berkisar antara 100 ribu hingga 300 ribu rupiah untuk skala 1:12. Kelemahannya, detail produk New Ray kurang begitu baik, detail-detail kecil mesin tidak akan kita temui seperti dalam produk Tamiya atau Minichamps. Begitupun decal atau sticker motor, seringkali tidak pas peletakan posisinya.

Skala 1:10 Maisto
Satu lagi merk yang cukup terkenal, yaitu Maisto. Merk yang satu ini tidak memiliki ukuran skala yang cukup lengkap, misal untuk miniatur motor MotoGP, Maisto hanya menyediakan skala 1:10 dan skala 1:18 saja. Sedangkan untuk detail, miniatur motor pada skala 1:10 memiliki detail yang sama dengan skala 1:18, ehingga bisa dibilang kurang detail. Keunggulannya, merk yang mulai berproduksi pada tahun 2008 ini memiliki harga yang relatif terjangkau untuk kolektor pemula.  


Nah itu tadi beberapa merk ternama di dunia diecast bro, bisa dijadikan patokan buat brader-brader sekalian yang ingin memulai hobi koleksi diecast. Disamping merk diatas, tentunya masih banyak merk-merk lainnya, namun tidak dibahas karena kurang populer disini dibandingkan merk-merk diatas. Ok bro, hayo dimulai berburu koleksinya..




pict : 
www.diecastxchange.com

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More