Help you calculate Your Motor Fact

Saturday, August 19, 2017

BMW S1000RR versi 2018, Selamat Tinggal si Cantik Asimetrik!


Hallo brader Motomath! Sukses menggebrak pasar dengan menelurkan motor fairing berdesain antimainstream pada periode 2008 lalu, pabrikan otomotif asal Jerman, BMW, tampaknya akan melakukan perubahan drastis pada motor gacoan mereka di kejuaran WSBK ini. Setelah selama 10 tahun belakangan tidak mendapatkan upgrade berarti selain penyesuaian emisi menjadi standar euro-4 dan peningkatan peralatan elektronik, tampaknya BMW mulai merasa perlu untuk merombak total superbike mereka. Tidak tanggung-tanggung, berdasarkan screenshot yang diperoleh dari www.cycleworld.com, S1000RR versi 2018 akan menjadi motor yang benar-benar baru. Yuk kita intip bro..


Nah seperti terlihat pada gambar diatas, S1000RR versi 2018 nanti akan kehilangan salah satu ciri khasnya, yaitu desain mata simetris. Padahal penggunaan mata asimetris tersebut merupakan salah satu daya tarik utama bagi penggemar motor berkapasitas 1 liter ini. Sebagai gantinya, BMW menempatkan dua LED proyektor simetris di samping kanan-kiri air intake. Lampu sein yang dulu terletak pada bagian samping fairing, kini dipindahkan ke bagian spion mengikuti desain kebanyakan superbike dari pabrikan lain. Rumor yang berkembang, BMW akan memasang dashboard besar berbasis layar TFT hi-def dengan paket pengaturan elektronik lengkap sehingga setting map maupun suspensi bisa dilakukan dari dashboard. Bahkan, konon dashboard tersebut akan dilengkapi dengan fitur GPS.


Beranjak ke penampakan mesin, versi 2018 sepertinya memiliki bentuk konfigurasi silinder yang lebih tegak, sehingga bentuk rangka agak sedikit lebih maju dibandingkan versi saat ini. Pada bagian kaki-kaki, terlihat terjadi perubahan bentuk lengan ayun. S100RR saat ini menggunakan lengan ayun yang melengkung ke atas, sedangkan versi terbaru nanti akan menggunakan lengan ayun yang membelok ke bawah. Lengan ayun seperti ini banyak digunakan untuk versi motor balap karena lebih mumpuni untuk meredam getaran ban saat melibas tikungan. Sedangkan pada motor harian, aturan emisi yang ketat membuat leher knalpot memanjang dan tidak memberikan ruang bagi lengan ayun di bagian bawah motor.



Nah udah puas melototin motor cakep ini? Harap bersabar karena masih belum jelas apakah BMW akan merilis motor ini pada 2018 atau 2019. Jadi gimana nih? Lebih suka S1000RR versi sekarang atau versi baru nanti bro?


0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More