Help you calculate Your Motor Fact

Tuesday, February 21, 2017

Helmet, Safety Can Be Style


Hallo brader Motomath, masih mengulik masalah dunia motor, kali ini kita mencoba membahas masalah safety gear. Sebagai aktifitas yang terhitung memiliki resiko tinggi, kita tentu perlu memperhatikan unsur keselamatan dalam berkendara. Salah satu komponen keselamatan yang paling utama dalam berkendara adalah pelindung kepala kita, yakni Helm. Sudah banyak sekali fakta yang membuktikan bahwa dalam keadaan darurat, helm bisa menyelamatkan nyawa si pengendara. Herannya, masih banyak pengendara yang malas untuk memakai perangkat yang satu ini. Ada berbagai macam alasan yang diutarakan, seperti gerah, kurang keren, berat dan lain-lain. Nah alasan-alasan semacam itu, bisa jadi timbul gara-gara kesalahan waktu memilih helm bro. Coba nih yuk kita kasi sedikit tips dalam memilih helm yang cocok buat kita.


Nolan N44, Contoh Helm Multi Fungsional
Tips nomor satu dan paling penting dalam memilih helm, sesuaikan jenis helm dengan kebutuhan bro! karena helm sendiri memiliki beragam jenis dan bentuk untuk aktifitas dan medan yang berbeda-beda. Semisal kita ingin lintas alam dengan motor trail, usahakan kita membeli helm trail atau minimal helm enduro. Untuk pemakaian sehari-sehari di perkotaan, mungkin kita gak membutuhkan helm yang race ready, cukup dengan helm yang aman dan nyaman. Begitupun saat turun di lintasan, kita harus memilih helm yang siap untuk kompetisi, karena faktor aerodinamis dan keamanan helm tipe ini memang dipersiapkan untuk keadaan di sirkuit.

Tips nomer dua, setelah memutuskan jenis helm yang akan kita beli, usahakan selalu mencoba sebelum membeli bro. Mencoba juga bukan hanya dipasang lalu dilepas lagi lho, tapi coba goyang-goyangkan kepala ke kiri, ke kanan, ke atas dan ke bawah sambil memakai helm incaran kita. Kalo saat digoyangkan helm itu bergeser dari kepala, maka bisa dipastikan ukuran helm tersebut kurang cocok (terlalu longgar). Demikian juga kalo helm yang kita coba terasa sakit di beberapa titik kepala, bisa jadi ukuran helm kita terlalu kecil atau bentuk helm yang akan kita beli tidak cocok dengan kontur kepala kita. Misalkan kita ingin membeli online, usahakan untuk mencari teman yang memiliki helm sejenis dengan yang akan kita beli dan mencobanya. Ini penting bro, karena ternyata ukuran, kontur dan bentuk helm itu berbeda-beda tergantung merknya.

Pamflet Spesifikasi Teknis AGV Pista
Tips nomer tiga, usahakan membaca spesifikasi dan review helm yang akan kita beli. Karena kita hidup di jaman modern, hampir semuanya bisa kita temukan dengan modal browser dan intenet. Jadi gak ada salahnya kita cari sebentar info-info tentang helm yang kita minati. Dari sini kita bisa tahu bagaimana pendapat orang yang udah pernah pake helm tersebut bro, karena gak semuanya bisa kita ketahui hanya dari mencoba sebentar sesaat sebelum membeli. Misalkan informasi mengenai sistem aliran udara dalam helm, ini hanya bisa kita rasakan saat berkendara dalam kecepatan sedang - tinggi dan gak mungkin kan bro di toko helm kita pinjam dulu helmnya buat keliling pake motor. Begitupun dengan berat helm, bisa jadi pas dipake sebentar helm gak terasa berat, tapi begitu dipake berkendara beberapa jam leher serasa mau patah saking beratnya. Nah info-info tadi bisa kita dapati dari review atau testimoni orang yang pernah memakainya bro, jadi jangan malas browsing yak.

Ragam Grafis Helm AGV Corsa
Tips berikutnya, pikirkan baik-baik sebelum memilih grafis atau motif helm. Ini penting juga bro, jangan sampe udah beli itu helm, malah males pakenya gara-gara kurang match dengan warna apparel atau motor kita. Jika warna atau grafis yang kita incar lagi kosong, mending tunggu sampe ada lagi atau cari ke toko lain bro, daripada memaksakan beli warna yang ada, tapi ntar menyesal belakangan pas ketemu grafis helm yang kita incar ternyata ada dan tersedia.

Tips terakhir, usahakan membeli dari toko-toko yang dipercaya bro. Karena sekarang banyak sekali helm replika yang memiliki desain dan grafis warna mirip dengan aslinya. Untuk brader-brader yang sudah ahli masalah helm sih gak masalah, tapi buat pembeli pertama, hal ini cukup mengganggu. Parahnya, helm palsu yang banyak beredar di pasaran adalah merk-merk helm lokal yang cukup dikenal. Ditambah pedagang-pedagang helm nakal ini biasanya berusaha meyakinkan bahwa helm yang dijualnya itu asli. Sekalinya kita dapat helm palsu, kita bakalan rugi dua kali bro, udah rugi duitnya, rugi juga gak dapet proteksi yang standard dari helmnya. Jadi gak ada salahnya lebih berhati-hati atau mengajak teman yang lebih tau saat membeli helm bro.


Nah itu tadi tips-tips singkat buat brader-brader untuk memilih helm yang cocok, nyaman dan aman buat berkendara. Kalo soal lokal atau import tinggal menyesuaikan dengan budget yang tersedia, yang penting standard helm udah memenuhi untuk dijadikan andalan saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Ingat, helm bukan hanya sebagai alat untuk menghindari tilang, tapi juga bagian style berkendara kita bro!  

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More