Help you calculate Your Motor Fact

Sunday, February 19, 2017

Pertarungan Aktor Utama MotoGP 2017!


Halo brader-brader Motomatters, setelah lama absen sembari membenahi tampilan blog, Motomath kembali untuk menyajikan berita-berita seputar dunia motor. Dalam beberapa hari terakhir, dunia balap motor dipenuhi informasi mengenai latihan resmi pramusim MotoGP 2017. Sesi latihan ini sendiri dilaksanakan di Sepang, Malaysia dan Phillip Island, Australia. Ada banyak sekali hal-hal menarik dari rangkaian latihan tersebut. Mulai dari intip-mengintip teknologi terbaru pada motor gacoan para rider jagoan, hingga tampilan grafis terbaru pilihan para rider untuk livery gear mereka. Namun ada satu hal yang tentunya paling menarik untuk dibahas, apalagi kalau bukan performa para pembalap diatas tunggangan mereka. Jika kita coba simpulkan dari rangkaian sesi latihan pramusim selama ini, ada sedikit gambaran tentang bagaimana gambaran persaingan musim 2017 akan berlangsung. Yuk kita bahas bro..

Brader sekalian pasti sepakat ada satu pembalap yang paling mencolok dalam sesi latihan pramusim kali ini, tidak lain tidak bukan adalah pembalap muda yang baru saja mengisi posisi rider kosong di tim Yamaha Movistar, Maverick Vinales. Pembalap muda kelahiran Figueres, Spanyol 22 tahun yang lalu ini langsung tampil menghentak dengan tim barunya. Tidak cukup tampil tercepat dalam latihan pramusim perdana di sirkuit Ricardo Tormo Valencia, pembalap bernomor 25 ini juga menjadi pemuncak daftar catatan waktu dalam sesi latihan di Malaysia dan Australia. Dengan satu sesi latihan lagi tersisa di Qatar, penampilan konsisten Vinales cukup untuk membuat para penggemar MotoGP percaya bahwa mantan joki tim Ecstar Suzuki itu akan menjadi penantang utama pada musim balap 2017 nanti.

Jika Vinales digadang-gadang akan menjadi penantang gelar juara dunia baru, maka yang ditantang adalah sang juara bertahan, baby Alien Marc Marquez. Meskipun tampil “kalem” dalam rangkaian latihan pramusim, banyak yang percaya bahwa Marquez tetap akan menjadi pembalap tercepat pada balapan yang sebenarnya.Tidak tanggung-tanggung, salah satu yang mempercayai pendapat diatas adalah legenda hidup MotoGP sendiri, Valentino Rossi. “Marquez dan Vinales sama-sama cepat, namun Marquez memiliki kelebihan untuk tetap tampil konsisten dengan ritme sepanjang balapan yang sebenarnya, sedangkan Vinales cenderung tampil cepat saat memakai ban baru. Oleh karena itu, saya rasa Marquez tetap akan menjadi tantangan utama untuk dikalahkan” seru pembalap berjuluk The Doctor itu dalam sela-sela latihan di Australia lalu. Marquez sendiri mencatatkan waktu terbaik kedua dalam latihan di Phillip Island kemarin dengan selisih waktu 0,294 detik lebih lambat dibanding Vinales setelah meraih posisi ke 3 di sirkuit Sepang Malaysia dan posisi ke 2 di Valencia lalu.



Nah kedua pembalap yang digadang-gadang akan menjadi penantang gelar juara dunia tersebut, secara tidak sengaja sempat adu balap secara langsung dalam hari terakhir sesi latihan di Australia kemarin. Dalam kesempatan yang langka tersebut, Vinales mengakui bahwa kehadiran Marquez dibelakangnya cukup mengganggu. “setelah 5 lap dibuntuti Marquez, saya memutuskan untuk membatalkan rencana simulasi balapan. Sirkuit ini memiliki panjang lebih dari 4km, sangat aneh dia berada tepat di belakang saya. Namun hal ini sangat menarik dan memberikan motivasi lebih untuk saya” ungkap MV25. Pembalap yang musim lalu memenangi GP Inggris itu menambahkan bahwa Marquez memiliki kelebihan dalam pemilihan titik pengereman, “Marc sangat hebat, dia sangat cepat dan titik pengeremannya luar biasa. kita harus meningkatkan sektor itu”. Sementara menurut Marquez, kejadian tersebut murni kebetulan. “saya baru saja keluar ke lintasan dan melihat Vinales. Ada jarak diantara motor kami, tapi saya berhasil mendekat. Cukup menarik untuk bisa mengamati motor yang berbeda dari kami” pembalap juara dunia 5 kali itu menambahkan, “motor Vinales sangat stabil di tikungan-tikungan cepat, dimana motor kami tiap tahun mengalami kesulitan dan kami masih bekerja keras untuk memperbaikinya. Yamaha memiliki motor yang sangat stabil, tapi tentu saja Vinales juga sangat cepat”.



Musim balap belum mulai, namun tensi persaingan sudah mulai panas nih. Gak salah juga kalo banyak yang menyatakan bahwa kedua pembalap muda diatas akan menjadi calon utama peraih gelar juara dunia musim depan. Nah bagaimana kelanjutan rivalitas duo pembalap asal Spanyol ini, bisa kita saksikan dalam sesi latihan pramusim terakhir yang akan berlangsung di sirkuit Losail, Qatar pada tanggal 10-12 Maret mendatang. Stay tune bro..

sumber: www.crash.net

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More