Help you calculate Your Motor Fact

Sunday, September 25, 2016

Brad Binder, Juara Dunia Moto 3 2016


Persaingan perebutan juara dunia event balap kelas moto 3 telah berakhir di seri ke 13 yang berlangsung di Aragon, Spanyol. Berhasil menyelesaikan balapan di posisi ke 2, pembalap tim Red Bull KTM Ajo ini mengunci gelar juara dunia dengan total perolehan poin 249, selisih 106 poin dari pembalap di posisi kedua klasemen, yakni Jorge Navarro dari Spanyol. Jumlah poin tersebut cukup untuk mengamankan posisi Binder dalam 4 balapan terakhir yang akan digelar di Jepang, Australia, Malaysia, dan Valencia.

Memulai balapan dari posisi ke 7, pembalap asal Afrika Selatan ini bersaing ketat dengan Enea Bastianini yang sebelumnya berada di peringkat 2 klasemen tepat hingga lap terakhir. Bahkan pada awal lap terakhir Bastianini sempat memimpin balapan, namun kecepatan motor KTM milik Binder tidak terbendung di lintasan lurus Aragon dan menggeser posisi Bastianini ke peringkat ketiga.

Brad Binder merupakan pembalap Afrika Selatan pertama yang meraih gelar juara dunia balap motor dalam 36 tahun terakhir. Pembalap Afrika Selatan terakhir yang memenangi event tersebut adalah Jon Eckerold pada tahun 1980 di kelas 350cc. Raihan juara dunia ini terasa sangat pas untuk Binder, karena pada tahun depan pembalap berusia 21 tahun ini akan naik kelas menuju kelas Moto 2 bersama tim Ajo Motorsport.

Karir Binder dalam dunia balap dirintis melalui event Red Bull MotoGP rookie cup selama 3 musim, dengan raihan terbaik posisi ke 5 di klasemen akhir. Pada tahun 2011, Binder menjadi peserta Non Contestant di kelas 125c dan setahun kemudian resmi mengikuti ajang Moto 3 dengan tim  RW Racing GP. Baru di tahun 2015 Binder menunjukkan lonjakan prestasi bersama tim Red Bull KTM Ajo dengan meraih posisi 6 di klasemen akhir, yang kemudian mengantarkan Binder  meraih juara dunia di tahun berikutnya.

Statistik karir Profesional Brad Binder:
- 2011 : kelas 125cc bersama tim Andalucia banca Civica (Non Contestant)
- 2012 : kelas moto 3 bersama tim RW Racing GP (peringkat 21 klasemen)
- 2013 : kelas moto 3 bersama tim Ambrogio Racing (peringkat 13 klasemen)
- 2014 : kelas moto 3 bersama tim Ambrogio Racing (peringkat 11 klasemen)
- 2015 : kelas moto 3 bersama tim Red Bull KTM Ajo (peringkat 6 klasemen)
- 2016 : kelas moto 3 bersama tim Red Bull KTM Ajo (Juara Dunia)



Selamat untuk Brad Binder, kami tunggu kiprahmu di Moto 2 musim depan!



Penulis : Malik Firdausi
25 September 2016 

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More