Help you calculate Your Motor Fact

Friday, September 30, 2016

Marquez bisa amankan juara dunia MotoGP 2016 di GP Jepang!

pict by: www.motogp.com

Lah kok bisa bro? kan masi ada 3 race lagi tuh sehabis GP Jepang? jangan-jangan pensboy Marquez neh penulis? eits santai bro, ayok kita hitung sama-sama peluangnya. Pernyataan diatas itu muncul melihat hasil race GP Aragon minggu kemaren bro. dimana hasil akhir race 23 lap tersebut dimenangkan oleh Marq marquez, diikuti Jorge Lorenzo dan kemudian Valentino Rossi di posisi podium akhir. Gimana tuh sekarang peta persaingan juara dunia motogp 2016?


Sebelum race GP Aragon, selisih poin Marquez dan Rossi adalah 43 dengan total tersisa 5 seri balapan. Dengan menjadi juara di GP Aragon, maka Marquez mendapatkan tambahan 25 poin. Sedangkan Rossi yang harus puas finish di posisi ketiga setelah duel ketat dengan Lorenzo hanya memperoleh 16 poin. Adapun Lorenzo memperoleh poin 20 dari hasil race tersebut. Dari perolehan angka tersebut, bisa dilihat bahwa gap atau jarak poin antara Marquez dan Rossi menjadi semakin jauh, yaitu 52 poin. Sedangkan jarak antara Marquez dan Lorenzo menjadi 66 poin.

pict by: Ranka @www.motogp.com

Kembali ke bahasan awal kita tadi bro, gimana peluang Marquez untuk menjadi juara dunia di GP Jepang? Nah GP jepang ini kan seri ke 15 dalam kalender balap MotoGP, artinya setelah GP Jepang hanya tersisa 3 race lagi dalam musim ini. Poin maksimal yang bisa diraih seorang pembalap dari satu seri balapan adalah 25 poin. Maka total poin yang bisa diperebutkan setelah GP jepang berakhir berjumlah 75 poin. Seandainya ada pembalap yang berhasil menciptakan jarak poin lebih dari 75 dengan pembalap di bawahnya, maka bisa dipastikan pembalap tersebut akan meraih juara dunia. Dengan gap poin yang ada sekarang, gimana menurut temen-temen hayo?

Pertama, gap Marquez dan Lorenzo yang berjumlah 66 poin. Karena untuk menjadi juara harus memiliki gap poin diatas 75, maka Marq hanya membutuhkan tambahan selisih 10 poin untuk mengamankan gelar dari pembalap bernomor 99 tersebut. Selisih 10 poin bisa diraih jika seandainya Marq juara di GP Jepang dan Lorenzo maksimal finish di posisi 4. Jika itu terjadi, maka Lorenzo tersingkir dari peta perebutan juara dunia 2016.


Untuk fans Valentino Rossi masih bisa bernafas lega, karena peluangnya agak berat. Dengan selisih 52 poin, Marquez membutuhkan tambahan 24 angka untuk mengamankan gelar juara dunia ke 3-nya di kelas motogp. Artinya seandainya Marquez juara, Rossi maksimal finish di posisi 15. Mungkin nggak tuh bro? ya mungkin aja sih, tapi cukup berat mengingat tampilan The Doctor musim ini bisa dibilang sangat impresif dan cukup konstan.

So, keknya perebutan gelar tahun ini masih akan cukup seru bro. Moga-moga persaingan ketat ini bisa bertahan sampe race terakhir seperti musim lalu. Tapi tanpa kontroversi tentunya yak.. hehehe.




Penulis: Malik Firdausi
30 September 2016

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More