Help you calculate Your Motor Fact

Thursday, September 29, 2016

Udah kenal Pocket Bike bro?


Hari ini coba kita ngobrolin Pocket Bike yuk. Apa sih pocket bike tuh?  ini gada hubungannya sama game yang kemaren populer itu lho, hehehe. Pocket bike ini nama sebutan untuk motor mini ber-cc kecil dengan ukuran kira-kira ¼ motor normal. “Kecil juga yak? Trus buat apaan tuh bro?”, eh jangan salah, biarpun kecil gini speknya lumayan ganas juga lho bro. kita bahas lebih dalam yuk.


Motor kecil ini, menggunakan mesin 2 tak dengan kubikasi antara 40-50cc sebagai sumber penggeraknya. Power yang dihasilkan mesin ini beragam antara 2,4 -  17 Hp, tergantung dari tuning dan upgrade yang dilakukan ama pemiliknya. Biarpun kecil gini, motor-motor ini bisa digeber sampe 120-an km/h lho bro. Kecepatan segitu bisa didapet karena power to weight ratio yang menguntungkan. Bayangin aja bobot ni motor cuman kurang lebih 20-an kg bro, dengan power 17 hp jelas aja bisa melesat kenceng ngibrit. Frame motor ini simpel, terbuat dari plat baja dan umumnya memakai konstruksi twin spar. Frame-nya sendiri biasanya dibuat untuk menahan beban pengendara hingga 100kg, lebih dari itu kudu diet keknya bro, wkwkwk. Oh iya, pocket bike ini gak pake suspensi lho, jadi peredam getaran dari jalanan murni mengandalkan elastisitas ban. Kebayang gak tuh gimana sensasi-nya kalo riding di jalanan rusak pake motor ini.

Sekarang popularitas motor mini ini udah makin meningkat bro. Dulunya nih motor kurang populer gegara harganya yang mahal, karena yang bikinnya biasanya negara-negara eropa. Nah sekarang udah banyak beredar di pasaran pocket bike produksi china yang harganya jauh lebih bersahabat, jadi makin diminati dah.


Di negara-negara Eropa dan Jepang, pocket bike ini udah punya kompetisi sendiri lho, pesertanya rata-rata anak usia dini. Mulai buat anak dari umur 6 tahun udah ada nih eventnya. Pantesan aja negara-negara di eropa gak penah kekurangan stok pembalap jagoan, lah dari umur 6 tahun udah nikung-nikung di sirkuit bro. Di jepang sendiri, event-event balap pocket bike biasanya diadakan oleh sekolah-sekolah balap kelas junior. Jadi sekalian buat ngenalin suasana balapan ke calon-calon pembalap masa depan ini. Patut dicontoh emang nih semangat pembibitan pembalap di negara-negara yang maju dunia balapnya. Hampir semua pembalap top MotoGP berkutat dengan balap pocket bike ini di masa kecilnya lho, contohnya Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Marq Marquez, Andrea Dovisiozo, dll. Hayo coba kenal nggak dengan pembalap-pembalap yang nampang dengan pocket bike dibawah ini.

Andrea Dovisiozo

Jorge Lorenzo

Valentino Rossi

Moga-moga ntar di negara kita segera menyusul nih keberadaan event balap khusus untuk pocket bike, seru juga lho ditontonnya bro. Buat para ortu yang pengen anaknya jadi pembalap, bisa nih dipake buat ngenalin dunia motor ke juniornya. Mana tau di masa depan jadi pembalap MotoGP kayak rider-rider top diatas. Mantep kaaan..



Penulis : Malik Firdausi
29 September 2016

1 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More