Help you calculate Your Motor Fact

Tuesday, September 27, 2016

Nonton Moto GP Langsung di Sirkuit


Nonton motogp? Suka dung. Tapi kalo nonton langsung di sirkuit? “Waduh males bro, kudu panas-panasan di sirkuit, rame banget apa-apa ngantri, gak keliatan balapannya keliatan di depan mata doang, dll, dll” sering nggak denger yang begituan? Hehee. Nah yang biasanya jawab gitu tuh, orangnya belum pernah nonton langsung di sirkuit bro. Karena kenyataannya, kesan nonton langsung motogp di sirkuit itu sama sekali tidak tergantikan dengan tayangan langsung di televisi. Nah coba yuk kita bahas gimana sih kesan-kesannya nonton langsung balap motor paling populer di muka bumi ini..

Semua alasan yang disebut di atas itu bener adanya, ke sirkuit jelas kudu siap panas (ato siap basah kuyup pas ujan ya.., ato siap kedinginan, tergantung di negara mana juga sirkuitnya :D). Apa-apa ngantri, ini juga jelas, namanya aja event akbar yang didatengin ratusan ribu orang, pastinya ngapain aja kudu antri dan sabar, jangankan buat ke toilet yang gratisan, buat beli makanan & minuman yang bayar aja kudu ngantri lama banget. Trus balapannya keliatan kagak? ya keliatan sih pas motornya lewat di depan mata, pas di lokasi yang lain kita nontonnya lewat big screen. Lah kalo gitu amat terus asiknya dimana bro? nah ini nih ayok kita bahas satu-satu asiknya.

Asiknya yang pertama, ada satu hal yang gak bisa didapatkan dari nonton di TV, yakni atmosfer balap-nya. Apaan tuh bro? lah gimana ya jelasinnya, atmosfer ya atmosfer bro, suasananya gitu dah. Dari suara motornya aja di TV udah gak kedengeran, padahal raungan suara motor MotoGP pas lewat di depan kita tuh bener-bener kayak suara mesin pesawat tempur bro. Bayangin tuh gimana kencengnya suaranya, apalagi kalo ada dua ato lebih motor jalan berdekatan, dijamin telinga kita bakal berdenging beberapa detik. Belum lagi suara riuh penonton, mulai dari teriakan dukungan, makian dan celetukan konyol dalam berbagai bahasa di dunia jadi satu campur aduk disini. Sampe-sampe suara motor motogp yang ganas itu kadang kalah lho sama koor dadakan dari tribun penonton. Biasanya sih teriakan penonton menggila pas pembalap - pembalap favoritnya lagi overtaking atau malah lagi crash. Jadi biarpun kita pas nontonnya lewat big screen, denger suara dari tribun penontonnya aja bikin ngeri bro. Berasa lagi ikutan manuver bareng MM93, VR46, dan kroni-kroninya dah, hehee.

Atmosfer balapnya udah, sekarang kita bahas asiknya yang kedua, yakni ada kemungkinan ketemu langsung sama pembalap-pembalap favorit!. Misalnya di sirkuit sepang, jadwal rutinnya hari jumat sore tuh ada event namanya pitwalk. Event ini ngijinin penonton dengan tiket main grandstand buat jalan- jalan di pit sirkuit sepang, emang gak boleh sampe masuk ke paddock-paddock tim sih, tapi lumayan banget bro. Pengalaman saya sih, Marq Marquez dulu keluar tuh dari paddock-nya buat sekedar nyapa fans-nya, lumayan dah dapet ttd langsung dari Marq. Di event yang sama saya juga ketemu dengan the maniac, Andrea Iannone yang gak tau lagi dari mana ngluyur aja jalan kaki, jadilah para fans rebutan buat foto dan minta ttd. Saya sih lagi apes, baru sempat motoin istri saya bareng Iannone, eh sekuriti-nya dateng dan endingya saya gak kebagian foto bareng dah. Pernah juga ketemu Loriz Baz pas lagi pitwalk, apesnya lagi pas gak bawa alat tulis apapun, jadi gak bisa minta ttd juga.

Nah itu baru dari event pitwalk, padahal hari sabtu-nya ada event meet & greet bareng pembalap-pembalap pilihan panitia. Disini penonton bisa ketemu langsung, salaman & minta ttd langsung dari pembalap dalam batas waktu yang ditentukan. Pastinya antrian fans menggila, event-nya mulai jam 10.00 waktu setempat, dari jam 08.00 antrian udah panjaaaang banget. Yah namanya juga mo ketemu idola, kudu siap berjuang, iya nggak?. Belum lagi kadang ada event-event tertentu yang diadakan sama sponsor. Sponsor-sponsor tersebut biasanya buka stand di sirkuit & buat menarik penonton ke stand-nya, pihak sponsor mengundang pembalap yang mereka sponsorin buat ngadakan acara meet & greet dadakan di stand tersebut. Di sirkuit sepang, biasanya pembalap lokal seperti Hafizh Syahrin atau Khairul Idham Pawi pasti punya stand sendiri, nah buat pada fans mereka siap-siap dah pantengin tuh stand, hehehe.

Asiknya yang ketiga, di sirkuit pasti ada tuh stand-stand yang jual merhandise pembalap. Lengkap dari yang paling murah sampe yang paling mahal. Kan keren tuh kalo abis beli kaos, dibawa ke acara meet & greet terus minta ttd langsung ke pembalapnya. Ada juga stand yang isinya jualan apparel-apparel branded yang pastinya bikin ngiler para bikers. Dari mulai jaket, sepatu, helm, sampe aksesoris motor seperti side bag lengkap ada disini. Harganya juga seringkali bikin ngiler gegara diskon yang menggila. Intinya event MotoGP tuh juga surga belanja buat para penggila motor dah, jadi jangan sampe lupa siapkan dompet, atm dan kartu kredit kalian yak.

Selain yang asik-asik diatas, masi banyak lagi asik-asik lainnya yang kepanjangan kalo diceritain disini bro. Jadi gimana nih? Masih males mo nonton langsung?. Kalo udah nonton langsung sekali, dijamin ketagihan dah buat nonton langsung lagi. Event yang paling dekat, dimana lagi kalo bukan di sirkuit sepang, Malaysia. Buruan dah searching tiket pesawat dan tiket MotoGp-nya, mumpung masi keburu.



Penulis : Malik Firdausi
27 September 2016


    






                                                       

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More