Help you calculate Your Motor Fact

Sunday, October 2, 2016

Rawat Sendiri Motor Kita yuk Bro


Halo bro? Gimana kabar motor nih? Sehat dan siap buat ngejoss? Ato mulai kerasa ada yang aneh dan gak nendang tenaganya? Nah mungkin soulmate-soulmate rider disini udah mulai butuh perawatan atau maintenance tuh. Perawatan rutin buat motor adalah ritual wajib buat para biker. Jadi sedikit banyak para penghobi motor kudu paham teknis dasar perawatan motor.


Nah apa aja sih yang perlu diperhatikan buat perawatan motor? Ada beberapa komponen penting motor yang bisa dikategorikan fast moving, jadi kudu sering-sering dicek. kalo ngapalin odometer cukup ribet,  bisa kita atur minimal cek motor tiap sebelum melakukan turing. Apa aja sih yang perlu kita cek? Ayok kita bahas.

Pertama, komponen paling penting dari mesin bakar pastinya komponen pembakaran ya. Disini ada busi yang bisa dibilang salah satu komponen utama bagi motor. Gejala dari busi yang udah kurang sehat diantaranya mesin susah nyala, putaran mesin statis (idle ) tidak konstan, tarikan "brebet", dan tenaga yang kosong. Untuk pengecekan busi, pertama copot busi dari colokan ruang bakar, lakukan cek warna elektroda busi. Bila warna busi kecoklatan, itu artinya pembakaran ruang bakar sudah optimal. Rendam busi dalam bensin, bersihkan bagian elektroda dengan sikat kawat, keringkan dan pasang kembali ke colokan busi. Jangan terlalu kencang saat memasang busi, karena terlalu kencang memasang bakalan bikin ulir busi rusak bro. Kalo kondisi busi udah kurang layak, mendingan ganti aja dah daripada ada apa-apa nantinya. 

Kedua, cek kelistrikan bro. Karena kerusakan accu bisa bikin motor ngadat pas distarter. Ngeri juga kan bro misal kita lagi istirahat bentar terus gak bisa lanjut jalan gara-gara motor ogah nyala. Apalagi pas di hutan belantara tuh. Cek kelistrikan bisa pake voltmeter bro, kondisi voltase normal motor ada di kisaran 12v. Di bawah itu bisa kita cek kondisi baterai ato accu motor, kalo voltase accu udah gak normal, mendingan langsung kita charge aja baterai kita bro, atau misal kondisinya udah kurang bagus, bisa langsung digenti aja. Kalo accu normal, bisa kita cek komponen-komponen listrik lainnya dari motor kita bro, mulai dari fuse, kabel bodi dan lampu-lampu. Kerusakan salah satu komponen di atas bisa bikin kelistrikan motor kita ngalor ngidul bro, jadi kudu sering dicek dah daripada berabe.

Komponen berikutnya yang perlu kita cek adalah radiator bro. Keberadaan part yang berfungsi untuk meredam suhu mesin ini sangat penting buat ngejaga performa mesin tetap optimal selama di perjalanan. Jangan sampe motor overheat gegara air radiator kosong ato bumpet bro. Air radiator kudu kita pastikan kondisinya masih bagus dan cukup. Tiap beberapa ribu km juga perlu dikuras total untuk menghindari air radiator yang sudah rusak mengendap dalam kisi-kisi radiator. Selain itu jangan lupa pastikan kipas radiator berfungsi baik bro.

Bagian kaki-kaki juga jangan sampe kelewatan bro, pastikan pengereman berfungsi optimal. Cek ketebalan kampas rem dan kondisi minyak rem. Kalo kondisi salah satu dari dua komponen di atas sudah kurang bagus, mending langsung ganti aja dah bro, fatal akibatnya kalo sampe rem kita ngeblong pas lagi riding. Bagian ban juga kudu kita perhatikan. Umur ban yang udah lewat 5 tahun biasanya mulai getas dan mengurangi grip, jadi mending diganti aja bro. Tekanan angin juga dicek bro, tekanan yang kurang atau berlebih bakal bikin ban kurang optimal tuh.

Minimal pengecekan komponen-komponen diatas wajib dilakuin tiap mau turing. Demi kelancaran dan keamanan perjalanan turing kita. Turing lancar, seneng dapet, aman dapet. Asek kan bro..




0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More