Help you calculate Your Motor Fact

Saturday, November 5, 2016

CBR 250 RR, misteri dari Honda


Tuntas sudah penasaran kita-kita tentang motor flagship terbaru Honda ini. Dalam ajang Indonesia Motor Show 2016, Astra Honda Motor membuka gamblang spek keseluruhan dan harga motor yang digadang-gadang akan merobohkan dominasi kawasaki ninja di kelas seperempat liter. Yuk kita bahas bro..


Saat pertama kali diluncurkan bulan juli lalu, motor ini seolah-olah dibiarkan tetap teselubung misteri. Hanya video berdurasi beberapa menit saja yang bisa dilihat oleh khalayak umum. Bahkan saat roadshow launching di beberapa kota, para undangan tidak diperkenankan untuk sekadar menyentuh motor ini hingga membuat publik bertanya-tanya.

Selubung misteri tersebut sedikit terbuka saat muncul video test ride dari majalah Otomotif melalui channel Youtube-nya, yakni Otomotif TV. Dalam video tersebut, terpantau test rider dari pihak Otomotif melakukan test ride motor 250cc tersebut di lintasan milik Bridgestone. Video berdurasi 5 menit 26 detik tersebut cukup gamblang menggambarkan karakter motor terbaru Honda itu, terutama fitur yang selama ini digadang-gadang akan menjadikan CBR 250 sebagai yang terbaik di kelasnya, yakni fitur Throttle by Wire dan Riding Mode. Salah satu hal yang juga menjadi topik hangat dari video tersebut, adalah kecepatan puncak CBR 250 di lintasan lurus sepanjang 600m yang menembus angka 167 km/h. Beredarnya video tersebut sukses memicu rasa penasaran publik.

Nah kurang lebih 2 minggu lalu, ganti pembalap juara dunia MotoGP Marq Marquez yang diundang oleh AHM untuk melakukan sosialisasi di sirkuit Sentul. Pada event tersebut Marquez sempat melakukan burn out dan berkomentar bahwa motor baru Honda ini sangat powerfull dan sangat mudah dikendalikan. Namun lagi-lagi, selain Marquez tidak ada yang boleh menjajal motor bertagline “Total Control” ini. Begitupun masalah pricing, pihak AHM sama sekali belum memberikan kepastian.

Tetapi akhirnya semua misteri tersebut terbuka di ajang IMOS 2016. AHM mengumumkan harga motor terbarunya akan berada di angka 62.900.000 rupiah untuk versi non abs, dan 68.900.000 rupiah untuk versi abs. Kontan berita tersebut membuat publik terhenyak, karena pada awalnya berita yang tersiar harga motor tersebut akan berada di kisaran 70-80 jutaan. Dengan rentang harga tersebut, maka Honda akan menjadikan CBR 250 sebagai penantang utama Ninja 250 yang memiliki kisaran harga tidak jauh berbeda. Honda memastikan bahwa motor ini akan segera memasuki tahap distribusi bulan November ini.

Berikut spek CBR 250 RR sesuai brosur AHM:



Dimensi
Panjang x lebar x tinggi : 2.060 x 724 x 1.098 mm

Jarak sumbu roda : 1.389 mm
Ground clearance 145 mm
Seat height : 790 mm
Fuel tank capacity : 14,5 liter

Engine

Engine Type: 4-Stroke, 8-Valve, Parallel Twin Cylinder
Displacement: 249,7 cc
Fuel Supply System: PGM-FI
Throttle System: Throttle By Wire System with Accelerator Position Sensor
Bore x Stroke: 62.0 x 41.4 mm
Compression Ratio: 11,5 : 1
Transmission: Manual 6 Speed
Gear shift Pattern: 1-N-2-3-4-5-6
Starting System: Multiplate Wet Clutch with Coil Spring
Lubricant Type: Wet (Pressing and Spray)
Oil Capacity: 1,9 L

Frame

Frame type : Truss frame
Front tire size 110/70 – 17 54S (tubeless)
Rear tire size 140/70-17 66S (tubeless)
Front brake type : Hydraulic Disc, Dual Piston (STD Type & ABS Type)
Rear brake type : Hydraulic Disc, Single Piston (STD Type & ABS Type)
Front Suspension : Inverted Telescopic Front Suspension
Rear Suspension : Aluminium Swing Arm (5A djustable Mono Suspension with Pro-Link System)

Electrical

Ignition Type: Full Transisterized
Battery: MF 12V-7Ah
Spark Plug Type: NKG SILMAR8C-9 (Irridium Spark Plug)



Dengan fitur-fitur yang disematkan Honda pada motor barunya ini, tentu rentang harga tersebut sangat menggiurkan. Bahkan bisa dibilang untuk saat ini, CBR 250 adalah motor terbaik di kelasnya. Tentunya terobosan Honda ini sangat positif untuk perkembangan otomotif di tanah air. Pabrikan lain pastinya tidak akan tinggal diam dan akan segera melakukan terobosan lain untuk mengejar ketertinggalannya. Kompetisi seperti inilah yang akan menguntungkan pihak konsumen. Gimana bro? langsung inden aja nih?


0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More