Help you calculate Your Motor Fact

Thursday, November 24, 2016

Fakta Tes Pramusim MotoGP!


Seperti udah kita saksikan bersama di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia 15-16 November lalu, seri MotoGP sudah mulai memasuki fase pramusim. Fase yang satu ini sangat penting bro, karena dalam sesi ini tiap-tiap tim akan mempersiapkan data-data yang akan mereka gunakan dalam membangun motor untuk musim balap tahun depan. Bagi beberapa tim, sesi ini dipergunakan untuk mempekenalkan pembalap baru terhadap tunggangan mereka dan bagi beberapa tim lainnya, sesi ini dipergunakan untuk mempesiapkan motor dalam menghadapi perubahan regulasi atau peraturan yang akan dipakai tahun depan.


Dalam tes pertama di Valencia kemarin misalnya, beberapa tim sudah mulai memperkenalkan motor baru mereka, meskipun masih belum dibuka secara gamblang. Seperti tim pabrikan Honda yang disinyalir menjalankan motor bermesin Big Bang dalam sesi yang berlangsung tepat setelah seri terakhir musim 2016 tersebut. Tim pabrikan Yamaha juga enggan kalah dan sudah mulai mencoba motor versi 2017 yang menggunakan mesin, frame dan fairing baru untuk mengkompensasi regulasi musim depan. Untuk tim Ducati, fokus tim sepertinya adalah menambal sisi aerodinamika motor setelah pemakaian winglet yang fenomenal pada desmosedici gp 16 dilarang musim depan.

Karena pentingnya sesi ini, tes pramusim gak cuman akan berlangsung sekali bro, melainkan beberapa kali di tempat-tempat berbeda untuk mengukur data motor dalam berbagai kondisi balapan musim depan. Setelah sesi tes Valencia, tes pramusim berikutnya akan diselenggarakan di sirkuit Sepang, Malaysia pada tanggal 30 Januari hingga 1 Februari 2017. Dari Malaysia, rangkaian tes akan belanjut di sirkuit Phillip Island, Australia pada tanggal 15-17 Februari 2017. Tes terakhir akan diselenggarakan di sirkuit Losail, Qatar pada tanggal 10-12 Maret sebelum akhirnya balapan musim 2017 akan dimulai di sirkuit yang sama pada tanggal 23-26 Maret 2017.

Selain tes remi yang diselenggarakan Dorna di atas, tiap tim juga berhak untuk melakukan tes privat bro, tapi syaratnya harus diselenggarakan sebelum tanggal 30 November 2016, karena setelah itu MotoGP akan memasuki masa larangan tes hingga tes resmi di sirkuit Sepang, Malaysia, Januari mendatang. Contoh tes privat adalah tes di sirkuit Jerez, Spanyol yang berlangsung hari ini dan besok. Beberapa tim hadir dalam tes ini, seperti tim Factory Suzuki, Aprilia serta KTM dan beberapa tim satelit Honda dan Ducati.

Oh iya bro, dalam sesi pramusim, kita bakalan sering menemukan motor berwarna hitam karbon polos atau livery aneh-aneh seperti livery Iannone dan Vinales pada tes Valencia lalu. Biasanya warna-warna itu digunakan tim untuk menandai motor versi sekarang dan motor versi tahun depan. Seperti misalnya di tim Repsol Honda, motor yang menggunakan livery Repsol normal adalah motor yang digunakan musim lalu, sedangkan motor berwarna hitam polos, adalah prototype motor yang akan digunakan musim depan.


Nah setelah liat ribetnya jadwal testing diatas, gimana tuh menurut brader-brader sekalian? apa jangan-jangan muncul pertanyaan seperti saya bro, kapan liburnya yak para pembalap ini...?



pic: www.motogp.com

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More