Help you calculate Your Motor Fact

Thursday, November 10, 2016

Menyambut debut KTM di seri MotoGP Valencia


Seri terakhir balap MotoGP yang akan diselenggarakan di sirkuit Ricardo Tormo yang terletak di kota Valencia, Spanyol, akan menjadi saksi sejarah turunnya tim debutan asal Austria, KTM. Setelah melalui rangkaian tes selama kurang lebih 1,5 tahun, akhirnya motor yang memiliki kode nama RC16 ini akan melakukan race perdana-nya dalam ajang MotoGP. Kesiapan tim yang identik dengan warna oranye ini untuk terjun penuh dalam musim 2017 bisa kita tengok dari keras dan intens-nya uji coba mereka selama ini. Bahkan dalam tahun 2016 ini saja, KTM telah melakukan 7 tes pribadi. Kurang niat gimana tuh bro? yuk coba kita telusuri langkah KTM menuju ajang balap motor paling populer ini.


Proyek KTM untuk kelas MotoGP pertama kali diungkapkan oleh Pit Beirer, direktur sport KTM, pada tahun 2014. Pada akhir tahun 2015, RC16 pertama kali muncul di depan publik Austria ditunggangi oleh rider kawakan mantan pembalap MotoGP, Alex Hoffman. Setelah kemunculan perdana di Austria tersebut, Hoffman bergabung dengan Mika Kalio untuk melakukan tes lanjutan di Valencia. Kedua pembalap penguji tersebut mencatatkan beberapa lap sebagai masukan awal terhadap tim pengembang motor RC16. Tes demi tes dilahap oleh keduanya hingga pada pertengahan tes di sirkuit Jerez, Spanyol, posisi Hoffman digantikan oleh Randy de Puniet yang sudah kenyang pengalaman membalap untuk berbagai tim di MotoGP. 
Pada tes di sirkuit Misano, San Marino, ganti pembalap asal Ceko, Karel Abraham yang mendapat kesempatan untuk melakukan pengujian. Pembalap yang tahun ini turun diajang WSBK tersebut mengaku terkesan dengan performa motor buatan KTM itu. Tidak berhenti sampai disitu, tim yang sukses di ajang Moto3 ini kembali melakukan pengujian dengan menggandeng pembalap Moto2, Tom Luthi di sirkuit Mugello, Italia. Tes tersebut cukup penting karena dilaksanakan tepat sehari setelah gelaran MotoGP di sirkuit yang sama, sehingga catatan waktu yang mereka peroleh bisa langsung dibandingkan. Selain tes tersebut, konon KTM juga melakukan berbagai tes privat menjelang turun debut mereka pekan depan.


Melihat geliat KTM untuk menyempurnakan RC16 ini, tentunya muncul harapan besar dari para penggemar MotoGP bahwa KTM akan segera dapat bersaing bersama tim pabrikan lainnya. Mika Kalio sebagai pembalap penguji yang paling tinggi jam terbangnya diatas mesin 1000cc ini menyatakan bahwa dengan progress KTM saat ini, RC16 tidak akan berada dalam kelompok belakang pada race minggu besok. Pada uji coba setelah race besok, Kalio akan menyerahkan motornya kepada pembalap KTM musim 2017, Bradley Smith dan Pol Espargaro untuk meneruskan tongkat estafet pengembangan motor prototype mereka hingga race perdana musim 2017 diselenggarakan bulan maret mendatang. Selamat datang KTM, selamat bersaing dan semoga kerja keras kalian membuahkan hasil maksimal! Viel Gluck!


0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More