Seri terakhir balap MotoGP yang akan diselenggarakan di
sirkuit Ricardo Tormo yang terletak di kota Valencia, Spanyol, akan menjadi
saksi sejarah turunnya tim debutan asal Austria, KTM. Setelah melalui rangkaian
tes selama kurang lebih 1,5 tahun, akhirnya motor yang memiliki kode nama RC16
ini akan melakukan race perdana-nya dalam ajang MotoGP. Kesiapan tim yang
identik dengan warna oranye ini untuk terjun penuh dalam musim 2017 bisa kita
tengok dari keras dan intens-nya uji coba mereka selama ini. Bahkan dalam tahun
2016 ini saja, KTM telah melakukan 7 tes pribadi. Kurang niat gimana tuh bro?
yuk coba kita telusuri langkah KTM menuju ajang balap motor paling populer ini.
Proyek KTM untuk kelas MotoGP pertama kali diungkapkan oleh
Pit Beirer, direktur sport KTM, pada tahun 2014. Pada akhir tahun 2015, RC16
pertama kali muncul di depan publik Austria ditunggangi oleh rider kawakan mantan
pembalap MotoGP, Alex Hoffman. Setelah kemunculan perdana di Austria tersebut,
Hoffman bergabung dengan Mika Kalio untuk melakukan tes lanjutan di Valencia. Kedua
pembalap penguji tersebut mencatatkan beberapa lap sebagai masukan awal
terhadap tim pengembang motor RC16. Tes demi tes dilahap oleh keduanya hingga
pada pertengahan tes di sirkuit Jerez, Spanyol, posisi Hoffman digantikan oleh
Randy de Puniet yang sudah kenyang pengalaman membalap untuk berbagai tim di
MotoGP.
Pada tes di sirkuit Misano, San Marino, ganti pembalap asal Ceko, Karel
Abraham yang mendapat kesempatan untuk melakukan pengujian. Pembalap yang tahun
ini turun diajang WSBK tersebut mengaku terkesan dengan performa motor buatan KTM
itu. Tidak berhenti sampai disitu, tim yang sukses di ajang Moto3 ini kembali
melakukan pengujian dengan menggandeng pembalap Moto2, Tom Luthi di sirkuit
Mugello, Italia. Tes tersebut cukup penting karena dilaksanakan tepat sehari
setelah gelaran MotoGP di sirkuit yang sama, sehingga catatan waktu yang mereka
peroleh bisa langsung dibandingkan. Selain tes tersebut, konon KTM juga
melakukan berbagai tes privat menjelang turun debut mereka pekan depan.
Melihat geliat KTM untuk menyempurnakan RC16 ini, tentunya
muncul harapan besar dari para penggemar MotoGP bahwa KTM akan segera dapat
bersaing bersama tim pabrikan lainnya. Mika Kalio sebagai pembalap penguji yang
paling tinggi jam terbangnya diatas mesin 1000cc ini menyatakan bahwa dengan
progress KTM saat ini, RC16 tidak akan berada dalam kelompok belakang pada race
minggu besok. Pada uji coba setelah race besok, Kalio akan menyerahkan motornya
kepada pembalap KTM musim 2017, Bradley Smith dan Pol Espargaro untuk
meneruskan tongkat estafet pengembangan motor prototype mereka hingga race
perdana musim 2017 diselenggarakan bulan maret mendatang. Selamat datang KTM,
selamat bersaing dan semoga kerja keras kalian membuahkan hasil maksimal! Viel
Gluck!
0 komentar:
Post a Comment