Help you calculate Your Motor Fact

Friday, October 21, 2016

Sesi Latihan Bebas GP Australia Kacau Bro!




Sesuai judul bro, sesi latihan bebas atau free practice yang dilangsungkan hari ini fix kacau. Gara-gara cuaca yang tidak bersahabat, bahkan sesi FP2 untuk kelas MotoGP dan Moto2 batal digelar. Weleh-weleh, gimana tuh ceritanya bisa kejadian gini..

Hari ini sirkuit Phillip Island diguyur hujan deras dengan angin kencang dan suhu udara yang sangat dingin, kurang lebih 10ÂșC. sesi free practice 1 dilaksanakan dalam kondisi tersebut, memaksa para pembalap menggunakan setting motor basah. Cal Crutchlow yang berhasil memimpin sesi ini di posisi pertama dengan catatan waktu 1 menit 40,957 detik menyatakan bahwa kondisi trek sangat berbahaya. Jarak pandang terbatas dan adanya genangan air menjelang tikungan pertama dimana motor-motor monster ini akan melibasnya dengan kecepatan sekitar 320km/h. Bahkan Crutchlow menyatakan seharusnya FP 1 tidak usah digelar karena kondisi cuaca benar-benar buruk dan menambahkan bahwa menurutnya sesi FP1 tadi sia-sia belaka.


Kekacauan hari ini tidak berhenti disana, karena pembalap andalan tim Yamaha, Valentino Rossi yang berhasil meraih peringkat 2 dalam sesi yang sama, harus didiskualifikasi ke peringkat 20 karena menggunakan ban jenis supersoft melebihi jumlah batas lap yang diijinkan, yakni 10 lap. Rossi mengatakan bahwa sebenarnya dia baru melakukan 8 putaran penuh, namun tim michelin tenyata menghitung juga flying lap saat Rossi keluar dan masuk pit dan terhitung menjadi 11 lap. Kontan pembalap berusia 37 tahun itu berang dan menyatakan bahwa ban supersoft milik Michelin ini sia-sia jika tidak boleh dipakai melebihi 10 lap. Sedangkan dari pihak Michelin sendiri menyatakan bahwa ban jenis ini adalah ban yang mereka gunakan di sirkuit Brno, dan dalam seri tersebut beberapa pembalap mengalami insiden ban depan terkelupas yang tentunya sangat berbahaya. Seperti yang kita ketahui, pada balapan di Brno insiden ban terkelupas setidaknya terjadi pada dua pembalap, yakni Andrea Iannone dan Jorge Lorenzo. Nah untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, maka pihak Michelin membatasi penggunaan ban supersoft tersebut hanya untuk 10 lap saja.


Kelar dengan FP1 yang kontroversial tersebut, cuaca ternyata tidak membaik. Awalnya Sesi FP2 MotoGP tetap digelar, 6 pembalap sempat keluar dari pit untuk mecatatkan waktu. Namun setelah 15 menit, cuaca makin parah dan sesi ditunda sementara, yang pada akhirnya benar-benar dihentikan karena cuaca dinilai makin membahayakan. Konsekuensi dari pembatalan sesi FP2 ini adalah adanya tambahan waktu 15 menit selama FP3 yang akan digelar besok. Untungnya, ramalan cuaca memperkirakan cuaca besok dan hari minggu akan semakin membaik. Wih moga-moga aja bener, soalnya sayang banget nih kalo sampe raceday terganggu masalah cuaca, mengingat seri GP Australia ini selalu menghadirkan balapan-balapan ketat lho tiap tahunnya. Bener nggak bro?

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More