Help you calculate Your Motor Fact

Sunday, October 16, 2016

Marc Marquez World Champion 2016!



Gila bro, bener-bener gila. Meskipun sudah kita bahas dari kemaren-kemaren bahwa Marquez punya peluang untuk mengunci juara dunia di GP Jepang, tapi peluangnya tipiss. Gimana gak tipis? Untuk jadi juara, Marquez harus meraih poin minimal selisih 24 poin dari Rossi dan 10 Poin dari Lorenzo. Ternyata yang namanya peluang ya memang peluang, bisa aja terjadi beneran.



Memulai balapan dari posisi ke 2, banyak yang sedari awal mengunggulkan pembalap bernomor 93 ini untuk menjuarai seri MotoGP Jepang. Tapi dengan posisi front row diapit oleh dua pembalap saingan utamanya, yakni Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, sedikit yang menyangka bahwa Marc bakalan benar-benar mengunci gelarnya disini. Apalagi ditambah dengan fakta Marquez menyatakan bahwa sirkuit Twin Ring Motegi ini adalah salah satu sirkuit tersulit untuknya.


Saat lampu hijau tanda race dimulai menyala, Lorenzo langsung melesat mengambil posisi 1, diikuti Marquez dan Rossi yang saling bertukar posisi di peringkat 2 dan 3. Pada lap ke-4, Marquez mengambil alih posisi pertama dari Lorenzo dan terus memperbesar jarak dari pembalap bernomor 99 tersebut. Di Lap ke-6, ganti The Doctor yang menyalip Lorenzo untuk merebut posisi ke 2. Nah kejutan pertama terjadi di Lap ke-7, Rossi terjatuh akibat kehilangan grip ban depan di tikungan ke-10. Pembalap berusia 37 tahun tersebut kehilangan kesempatannya untuk bersaing memperubtkan gelar Juara Dunia 2016. Lorenzo yang awalnya di posisi ke-3, sekarang berada di posisi ke-2 diikuti pembalap Ducati Andrea Dovisiozo dan pembalap Suzuki Aleix Espargaro. Posisi ini berlangsung cukup lama hingga memasuki lap ke-20 dari total 24 lap balapan. Dovi yang berada di posisi ke-3 terus menekan Lorenzo yang akhirnya terjatuh dengan sebab yang hampir sama dengan rekan se-timnya yaitu kehilangan cengkraman pada ban depan. Setelah itu hampir tidak ada drama lagi, Marquez finish pertama, Dovi finish kedua dan Vinales melengkapi posisi podium ketiga.



Dengan jatuhnya Rossi dan Lorenzo, praktis poin yang dimiliki Marquez tidak terkejar lagi dalam 3 balapan yang tersisa musim ini. MM93 mengumpulkan 273 poin, terpaut 77 poin dari VR46 yang mengumpulkan 196 poin, serta terpaut 91 poin dari JL99 yang mengumpulkan 182 poin. Selamat buat para penggemar MM93 atas gelar ketiga-nya di kelas MotoGP dan gelar kelima dalam keseluruhan karir balapnya. GIVE ME FIVE!!


0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More