Help you calculate Your Motor Fact

Monday, October 10, 2016

Kupas Tuntas Sirkuit Twin Ring Motegi, Host MotoGP Jepang 2016


Seri ke 15 MotoGP akan berlangsung akhir pekan ini di sirkuit Twin Ring Motegi. Sesuai namanya, sirkuit ini terletak di kota Motegi, Jepang. Nah istilah Twin Ring disini disematkan karena emang sirkuit ini memiliki 2 jalur lintasan yang berbeda. Jalur yang pertama adalah jalur oval (semacam lintasan NASCAR di Amerika), dan jalur kedua adalah road course yang dipakai untuk balapan semacam MotoGP. Biar lebih mantep nontonnya, yuk kita bahas detil sirkuit unik ini.


Sirkuit Twin Ring Motegi dibangun pada tahun 1997 oleh Honda (jadi tau kan kenapa honda sering menang disini? Lah iya ini sirkuitnya sendiri, hehehe). Tercatat di kelas MotoGP, Honda memenangkan balapan di sirkuit ini sebanyak 6 kali (2002, 2003, 2004, 2011, 2012, 2015) sedangkan Ducati memenangkan 4 kali balapan (2005, 2006, 2007, 2010) sama halnya dengan Yamaha (2008, 2009, 2013, 2014). Tujuan utama Honda membangun sirkuit ini adalah untuk mengenalkan kultur balapan Amerika kepada masyarakat Jepang. Hingga saat ini, Twin Ring Motegi adalah satu-satunya sirkuit yang memiliki lintasan balap oval di jepang. Bagian lintasan oval memiliki panjang 2,493 km, Sedangkan jalur road course memiliki 14 tikungan dengan panjang lintasan 4,8 km. Sirkuit ini memiliki karakter stop-go dengan banyak tikungan hairpin di dalamnya. Landscape sirkuit tergolong datar tanpa banyak perubahan ketinggian kecuali pada beberapa tikungan.


Selain lintasan balap, di sirkuit ini juga berdiri Honda Collection Hall. Disana kita bisa melihat koleksi seluruh motor dan mobil yang pernah diproduksi Honda, serta catatan sejarah balapan Honda dari masa ke masa. Jadi buat fans honda wajib dikunjungi neh sirkuit.






Setelah kita bahas asik-asiknya, kita bahas kekurangannya. Kelemahan utama sirkuit ini ada dua, yang pertama, gara-gara maksain untuk menyatukan dua lintasan, akhirnya jarak tribun penonton ke sirkuit jadi jauh bro. Tribun Main Grandstand contohnya, posisi tribun penonton terletak di sisi luar lintasan Oval sedangkan balapan MotoGP ada di lintasan road course yang paling dalam. Jadi jauh amat tuh posisi nontonnya masi nyebrang satu lintasan lagi. Kelemahan kedua, adalah akses menuju sirkuit. Karena kota Motegi adalah kota kecil, jalur transportasi umum yang menuju kota ini sangat terbatas. Jadi untuk menuju sirkuit ini banyak yang menggunakan kendaraan pribadi, dan mengakibatkan jalur lalu lintas yang sangat padat pada saat race day. Bayangin aja, untuk mengurangi kepadatan lalu lintas pihak berwenang sampe menyatakan kapasitas resmi penonton tertulis 65.000 orang, padahal kapasitas tempat duduk sebenarnya di sirkuit ini kurang lebih 100.000 orang.


Nah udah kita kupas tuh tentang sirkuitnya, tinggal nunggu hari Jumat buat mulai nonton sesi free practice-nya. Sapa nih menurut brader-brader yang bakal menang di GP Jepang? Buat yang penasaran harga tiket nonton MotoGp di Twin Ring Motegi, bisa langsung dicek dimari: www.twinring.jp , disitu lengkap dah harga tiket ampe cara naik kendaraan umum ke sirkuit.


0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More