Help you calculate Your Motor Fact

Tuesday, October 11, 2016

Teknologi Baru MotoGP, Komunikasi via Dashboard



Race pekan ini di jepang akan menjadi cukup bersejarah. Pasalnya akan dilakukan uji coba penerapan sistem komunikasi baru antara Rider dan Tim dalam paddock via pesan dalam dashboard (atau seringkali kita sebut sebagai speedometer). Sistem ini dikembangkan karena adanya keluhan dari beberapa pembalap akan kesulitan komunikasi dengan tim jika hanya mengandalkan papan pesan pit (pit board) seperti yang digunakan selama ini. wih makin canggih aja neh motogp, coba kita bahas lebih dalam yuk.


Sebenarnya sistem pemberitahuan via dashboard sudah ada untuk beberapa hal, semisal kode untuk bendera merah (race dihentikan), kode bendera hitam (dikeluarkan dari balapan), dan kode untuk penalty (hukuman masuk pit), dengan menggunakan kode lampu (contoh: lampu merah di dashboard menyala berarti terjadi red flag). Tapi sistem yang akan diuji cobakan pekan ini jauh lebih kompleks karena akan mengijinkan pengiriman pesan berupa teks. Seperti misalnya instuksi untuk masuk pit saat terjadi balapan flag to flag (hujan - kering) yang membutuhkan strategi yang tepat kapan saatnya melakukan pergantian motor atau bahkan informasi mengenai jenis ban yang akan dipakai pada motor cadangan para pembalap lainnya, sehingga rider bisa memutuskan strategi apa yang akan digunakan saat balapan.

Race direktor MotoGP Mike Webb sudah mengkonfirmasi bahwa teknologi pesan via dashboard ini siap digunakan. “ Proyek uji coba akan dilakukan selama musim dingin dan mungkin belum siap untuk digunakan dalam semua kelas, hanya untuk memastikan bahwa sistem baru ini berada di jalur yang tepat”. Webb juga menambahkan bahwa sistem komunikasi teks ini tetap dibuat sesimpel dan sesederhana mungkin untuk mencegah kompleksitas yang dapat membagi konsentrasi pembalap dari balapan. Menurut Webb, sistem baru ini akan sangat berguna jika terjadi balapan flag-to-flag dari kondisi hujan ke kering seperti yang sering terjadi dalam balapan-balapan tahun ini.

Ide awal untuk menggunakan sistem komunikasi yang lebih kompleks dari papan pit ini sebenarnya dilontarkan oleh legenda MotoGP, Valentino Rossi setelah race dengan kondisi hujan - kering di GP Jerman lalu. Pada pertengahan Agustus, Rossi menambahkan “selain untuk faktor kemenangan dalam balapan, komunikasi dengan tim juga bisa meningkatkan faktor safety, misalnya memberi informasi pada tim saat kita merasakan masalah pada mesin, jadi kenapa tidak?” Namun ada juga beberapa pembalap yang merasakan bahwa sistem komunikasi yang ada saat ini (menggunakan pit board) sudah sangat mencukupi. Seperti misalnya Marq Marquez dan Eugene Laverty.


Menarik untuk disimak, efektif nggak nih kira-kira penggunaan sistem komunikasi barunya. Sampai saat ini terlihat Honda yang paling sering berhasil meramu strategi dalam kondisi race flag to flag untuk meraih kemenangan. Apa dengan adanya sistem komunikasi baru ini tim-tim lain kira-kira bisa mengimbangi? Yuk ditonton nanti di seri-seri selanjutnya. 

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More