Help you calculate Your Motor Fact

Wednesday, October 5, 2016

Tips Menjaga Kecantikan Cat Motor


Hai bro, hari ini motor keujanan nggak? Kondisi cuaca yang akhir-akhir ini gak menentu emang kadang bikin kita pusing. Motor baru dicuci udah keujanan lagi, batal dah mo tampil kinclong-kinclongan. Tetes air hujan bisa bikin bekas-bekas noda di cat motor kita bro, kalo dibiarkan lama malah bahaya, susah ilangnya. Nah biar motor kita gak tambah keliatan makin kusam, ada tips-tips buat merawat kecantikan cat motor bro, ayok dah langsung kita bahas sambil nyuci motornya.


Tips pertama yang perlu diperhatikan sebelum mencuci adalah pemilihan aplicator atau alat untuk mencuci. Pilih busa yang memiliki pori-pori besar karena tipe busa ini lebih menyerap debu-debu halus yang terdapat pada motor kita. Jangan memakai busa semacam busa jok yan g memiliki pori-pori rapat, karena debu yang tidak terserap dapat mengakibatkan baret-baret kecil saat melakukan pencucian.

Tips kedua adalah saat memilih sabun, jangan menggunakan sabun deterjen semisal sabun colek atau sabun cuci pakaian. Bahan sabun deterjen sangat keras dan tidak cocok untuk cat motor, bisa bikin cat kita pudar tar bro, berabe kan.

Tips berikutnya adalah saat melakukan pengeringan. Sebaiknya pake lap microfiber, bahan lap ini cocok buat cat karena lembut dan dapat memerangkap butiran debu halus sehingga tidak  menggores cat. Pastikan mengeringkan motor sampai ke celah-celah sempit, karena kalo sampe ada air tersisa nantinya bakalan jadi noda air dan susah banget diilangin bro.

Nah prosesi mencuci sudah selesai sampe sini. Kalo masih ada sisa tenaga dan waktu, bisa dilanjut ke acara detailing bro, biar kinclong motor kita awet gitu. Proses detailing bisa kita mulai dari claying, yakni mengaplikasikan bahan sejenis lilin yang dicairkan dengan quick detailer ke seluruh bodi motor. Setelah aplikasi clay merata, gosok menggunakan lap microfiber. Dijamin mulus motor kita bro, hehehe.

Abis menggosok clay, lanjutkan dengan penggunaan polish untuk menyegarkan kembali warna cat kita. Kusam-kusam pada cat motor bakal lenyap dan kilau cat akan kembali seperti baru. asik nggak tuh bro.

Terakhir bisa diaplikasikan sealent untuk menjaga kualitas cat kita dari panas matahari dan air hujan. Karena meski udah digosok ampe gempor, kalo udah diparkir seharian di bawah terik matahari biasanya motor kita bakal cepet kembali kusam bro, begitupun kalo kena hujan. Nah dengan pengaplikasian sealent ini bisa mencegah efek kusam itu tadi, jadi lebih awet dah kinclong motor kita bro.

Kalo semua tahapan diatas udah dikerjain, hasilnya motor gak cuman kinclong tapi juga lembut banget bro. Kalah dah mulusnya kulit bayi, hehehe. Untuk bahan-bahan yang dipake di atas, bisa didapet di toko-toko kebutuhan motor atau mobil bro, termasuk applicatornya. Gapapa dah rada mahal dikit demi kecantikan motor kita. Oh satu lagi, untuk menjaga perawatan motor kita tadi, sehabis kena ujan atau debu bisa kita lakukan cuci ringan dan aplikasikan quick detailer biar kinclong motor tetep terjaga. Yuk dah cuss cuci motornya bro..









penulis: Malik Firdausi
05 Oktober 2016

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More