Help you calculate Your Motor Fact

Sunday, October 23, 2016

Kemenangan Kedua Cal Crutchlow!


Gila bro, setelah 27 lap yang menegangkan di sirkuit Phillip Island akhirnya Cal Crutchlow berhasil memenangkan Grand Prix kedua dalam karirnya di kelas MotoGP! Tampil sangat konstan sejak sesi latihan bebas jumat kemarin, Cal membuktikan bahwa dirinya layak disejajarkan dengan para pembalap pemenang MotoGP lainnya.


Setelah dihantam cuaca buruk selama sesi latihan bebas dan kualifikasi kemarin, cuaca cerah akhirnya muncul di saat raceday. Rata-rata pembalap menggunakan kombinasi ban depan tipe soft dan ban belakang tipe medium untuk mengantisipasi suhu dingin di lintasan. Posisi starting grid agak unik mengingat ada dua pembalap pabrikan yang berada di luar posisi 10 besar, yakni Valentino Rossi di posisi 15 dan Maverick Vinales di posisi 13. Sementara pole position dipegang oleh juara dunia Marc Marquez, disusul Cal Crutchlow di posisi start kedua, Pol dan Aleix Espargaro di posisi ke-3 dan ke-4, serta pembalap tuan rumah Jack Miller di posisi ke-5.

Start yang bagus dari Aleix Espargaro membuat pembalap suzuki tersebut langsung memimpin lomba, namun tidak butuh waktu lama bagi Marquez untuk merebutnya kembali. Marquez langsung melesat memimpin balapan dengan jarak cukup jauh dari grup pembalap yang memperebutkan posisi ke 2. Sampai pada lap ke 10, Marc melakukan kesalahan dengan mengerem terlalu lambat hingga ban mengunci dan kehilangan grip ban depan di tikungan ke 4. Crash tidak terhindarkan dan untuk pertama kalinya pembalap bernomor 93 itu gagal finish dalam seri MotoGP musim 2016 ini. Crutchlow yang terbukti melahap lap demi lap dengan konsisten, berhasil mengatasi perlawanan Aleix Espargaro dan memimpin balapan. Usaha yang luar biasa juga ditunjukkan oleh Valentino Rossi. Start dari posisi yang kurang menguntungkan, pembalap 37 tahun tersebut berhasil merangsek ke posisi 2, namun gagal memperpendek jarak dari Cructhlow. Sementara posisi ke-3 berhasil diamankan Vinales setelah melalui duel ketat dengan Andrea Dovisiozo dan Aleix Espargaro yang akhirnya terjatuh di tikungan yang sama dengan Marquez.



Seri Australia ini kembali membuktikan besarnya pengaruh pemilihan ban pada hasil balapan. Dari tiga pembalap penghuni podium teratas, dua diantaranya, yakniCrutchlow dan Vinales menggunakan kombinasi ban depan hard dan ban belakang medium. Hanya Rossi yang menggunakan kombinasi ban soft-medium dan berhasil finish kedua. Itupun dengan catatan waktu yang terus melambat dan gap yang semakin dekat dengan Vinales di belakangnya. Menarik nih buat diamati bagaimana pemilihan kombinasi ban di GP Malaysia minggu depan, mengingat sikuit Sepang terkenal boros ban dan memiliki suhu lintasan yang sangat panas. Selamat buat Cal Crutchlow, semoga di seri-seri berikutnya makin beringas dan bikin MotoGP makin seru broo..  


0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More