Help you calculate Your Motor Fact

Friday, October 14, 2016

Laporan Free Practice 1 & 2 MotoGP Jepang 2016


Free pratice 2 kelas MotoGP baru saja usai, luar biasa ketat bro. Sesi FP2 juga diwarnai dengan kecelakaan fatal yang dialami Dani Pedrosa dan Eugene Laverty. Dani mengalami high side crash di tikungan 11 setelah mengerem dari kecepatan maksimum di Downhill Straight. Laverty juga mengalami high side setelah keluar dari tikungan ke 6, beruntung Jack Miller yang berada di belakangnya masih sempat menghindar dengan membelokkan motornya ke arah gravel. Laverty harus dibopong menggunakan tandu oleh marshall ke medical center. Sementara Pedrosa memasuki medical center dengan dengan memanggul tangan kanannya. Hasil cek medis kedua pembalap tersebut akan diumumkan nanti.

kecelakaan fatal Eugene Laverty di tikungan ke 6


Kembali ke FP 1 yang digelar tadi pagi waktu Indonesia, Andrea Dovisiozo berhasil membawa tim Factory Ducati memuncaki hasil latihan dengan catatan waktu 1 menit         45.768 detik dan top speed 309 km/h. Marc Marquez yang mendominasi sepanjang sesi latihan terpaksa harus puas tergeser ke posisi 2 dalam detik-detik terakhir berlasngsungnya FP1. Pembalap bernomor 93 ini meraih catatan waktu 1 menit 46.031 detik dan top speed 305 km/h. Posisi ke 3 dan ke 4 ditempati duo pembalap tim Yamaha Movistar, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi. Dani Pedrosa melengkapi posisi 5 besar dengan torehan waktu 1 menit 46.314 detik dan top speed 307 km/h.

Persaingan para pembalap dalam Free Practice 2 semakin ketat. Para pembalap top bergantian memimpin sesi yang berlangsung selama 1 jam ini. Catatan waktu yang ditorehkan para pembalap semakin tajam. Waktu 1 menit 45 detik yang hanya berhasil diraih Andrea Dovisiozo pada FP1, berhasil ditembus 7 pembalap pada FP2. Posisi pembalap teratas berhasil diraih pada lap terakhir oleh sang juara dunia Jorge Lorenzo dengan catatan waktu 1 menit 45,151 detik dan top speed 304 km/h. Andrea Dovisiozo harus pasrah tergeser ke posisi 2 dengan raihan waktu 1 menit 45,204 detik dan top speed 309 km/h. Kejutan diberikan oleh Maverick Vinales dengan catatan waktu impresif, 1 menit 45,248 detik dan top speed 308 km/h di posisi ke 3. Posisi ke 4 ditempati oleh Marq Marquez dengan waktu terbaik 1 menit 45,303 detik dan top speed 306 km/h. Disusul Cal Crutchlow di posisi 5 dengan waktu 1 menit 45,501 detik dan top speed 306 km/h.

Hasil FP1 dan FP2 mengindikasikan kemungkinan balapan yang cukup seru. Ducati membuktikan pernyataan Hector Barbera bahwa motor mereka sangat kuat disini. Sayangnya, Hector Barbera belum mampu berbicara banyak dengan motor barunya. Bisa jadi hanya Dovisiozo yang akan menjadi tumpuan harapan Ducati saat balapan besok. Di kubu tim Honda, catatan waktu yang diraih Marq Marquez cukup membuat tenang. Meskipun sempat mengalami crash,  pembalap asal Spanyol tersebut tetap meraih hasil yang konsisten dan bisa dibilang cukup untuk bersaing di barisan depan. Sedangkan pembalap kedua mereka, Dani Pedrosa, masih belum meraih hasil catatan waktu maksimal. Hasil tes medis akan menentukan apakah Dani bisa melanjutkan sesi latihan besok atau diwajibkan beristirahat. Dari tim Yamaha, catatan waktu yang diraih Jorge Lorenzo cukup menunjukkan bahwa Lorenzo berhasil menemukan setting motor yang bagus dalam dua sesi tadi. Dimana kita ketahui, penampilan Lorenzo saat berhasil menemukan set up terbaik sangat luar biasa. Sementara pembalap kedua tim Yamaha, Valentino Rossi juga memiliki catatan waktu yang cukup impresif. Besar kemungkinan Rossi akan tampil ngotot demi memperpendek selisih poin dengan Marq Marquez saat balapan besok. Jangan lupakan juga tim Suzuki, pembalap andalannya Maverick Vinales tampil beringas saat FP2 tadi, meski cukup terseok-seok pada sesi FP1 dengan keluar lintasan berkali-kali, pembalap muda asal Spanyol ini juga menembus dinding 1 menit 45 detik di sesi FP2.


Dengan selisih waktu antar pembalap yang begitu tipis, kembali faktor pemilihan ban akan menjadi sangat krusial. Siapa yang berhasil memilih set ban yang paling optimal, maka dialah yang akan menjadi juara. Mantap neh, pantengin terus sesi FP3, FP4 dan kualifikasi besok bro..

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More